Pertama Kali ke Dokter Gigi? Ini yang Perlu Kamu Siapin

Pertama Kali ke Dokter Gigi? Ini yang Perlu Kamu Siapin
Drg Richyani Putri

Pasti beberapa orang termasuk kamu suka ngerasa ragu dan cemas buat dateng ke dokter gigi buat yang pertama kalinya. Antara ragu karena takut ngerasa sakit waktu ditangani dokter atau ragu karena biayanya. Tapi yang perlu kamu tau, dokter gigi selalu berusaha bantuin dan ngobatin masalah gigimu, jadi pastinya kunjungan kamu ke dokter gigi bakalan dibuat senyaman mungkin. Perlu kamu inget juga ya, masalah gigi itu harus segera ditangani secara serius, jadi jangan sampai rasa ragu, cemas dan takutmu malah menghambatmu dateng ke dokter gigi dan bikin masalah gigimu jadi lebih parah.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapin buat kamu yang mau dateng ke dokter gigi untuk yang pertama kalinya:

  1. Tekadkan niat dan mental kamu buat sembuh

Gigi adalah bagian tubuh kita yang nggak bisa sembuh dengan sendirinya. Jadi kalau ada masalah di gigi dan mulutmu, nggak ada cara selain dateng ke dokter gigi buat dapet penanganan. Semakin lama masalah gigimu dibiarkan, akan semakin parah kondisi gigimu. Jadi, buat mentalmu sekuat mungkin kalau kamu niat ke dokter gigi biar gigimu sehat lagi.

  1. Cari waktu yang tepat buat janjian dengan dokter gigi

Buat kamu yang sekolah, kuliah, kerja, atau mengurus rumah tangga, kamu bisa cari waktu yang lengang dimana kamu ngerasa lebih santai dan rileks. Setelah itu, jangan lupa bikin janji jauh-jauh hari sama dokter gigi biar dokter bisa ngosongin jadwalnya terlebih dahulu dan kamu nggak akan sia-sia ngeluangin waktumu yang udah kamu tentuin.

  1. Cari dokter gigi terdekat atau dokter gigi yang direkomendasikan

Pilih dokter gigi yang dekat dengan rumahmu bisa bikin kamu lebih gampang buat berkunjung karena nggak akan makan waktu yang lama diperjalanan dan kamu pun akan lebih rileks. Tapi, kalau kamu juga tau dokter gigi yang direkomendasikan, bisa jadi pilihan yang tepat juga karena kamu akan lebih yakin buat dapet penanganan dari dokter gigi tersebut.

  1. Cari tahu tentang biaya yang bakal dikeluarkan

Biaya berobat ke dokter gigi memang termasuk yang terjangkau tapi bisa juga ada tambahan biaya tertentu tergantung gimana parahnya kondisi gigimu. Jadi pastiin kamu menyediakan 30 persen lebih banyak dari biaya yang diperkirakan. Lebih nyamannya, kamu bisa pakai asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan lokasi praktek dokter gigi yang kamu kunjungi.

  1. Pengecekkan kondisi gigi pada kunjungan pertama

Sebelum dokter melakukan penanganan, yang pertama dilakukan adalah mengecek kondisi gigimu terlebih dulu. Dokter gigi bakalan jelasin masalah gigi yang kamu alami dan perawatan jenis apa yang direkomendasikan. Setelah kamu setuju, kamu akan diberi obat kumur dan gigimu akan dibersihkan dulu. Kamu nggak perlu takut sakit saat penanganan berlangsung karena dokter bakal kasih obat penghilang rasa sakit biar selama proses penanganan kamu nggak akan ngerasain apapun.

  1. Apa yang dirasakan setelah penanganan

Biasanya, beberapa orang bakalan ngerasa sakit setelah penanganan karena efek obat bius yang mulai hilang. Tapi, buat meredakan rasa sakit, dokter bakalan kasih resep obat pereda nyeri dan juga antibiotik buat mencegah infeksi paska penanganan.

  1. Selesaikan rangkaian perawatan sampai tuntas

Hal yang nggak kalah pentingnya buat mengobati masalah gigimu secara keseluruhan adalah komitmen buat jalanin perawatan sampai tuntas. Kalau dokter gigi nyaranin kamu buat datang lagi beberapa hari kemudian, artinya kamu harus datang dan lanjut perawatan. Kalau nggak, perawatanmu nanti nggak akan maksimal dan bisa-bisa kamu harus ngulang dari awal yang mana bakal makan waktu dan biaya lagi.

Ref.: WebMd, online: https://www.webmd.com/oral-health/dental-visit-adult

Layanan Kami

Kontak Kami

Konsultasi Sekarang Untuk Perawatan Gigi Anda dan Dapatkan penawaran menarik untuk layanan di MyDentismile dengan mengklik tombol di bawah ini!