Halitosis, Bau Mulut yang Nggak Boleh Disepelein

Pernah nggak sih kamu lagi ngobrol sama seseorang dan mencium aroma nggak sedap dari mulut orang tersebut? Pastinya hal itu bisa mengganggu banget kan. Bayangin kalau kamu lah yang punya bau mulut, orang lain bisa jadi merasa nggak nyaman juga saat ngobrol sama kamu. Pada akhirnya, kamu sendiri juga kan yang bakalan ngerasa nggak nyaman juga sama diri sendiri. Nah, kondisi bau mulut ini disebut juga dengan halitosis. Walaupun hampir setiap orang mengalami bau mulut karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, atau saat bangun tidur, kita perlu tahu juga kondisi bau mulut seperti apa yang nggak boleh dibiarin gitu aja demi kenyamananmu dan orang lain, juga demi kesehatanmu.

Penyebab Halitosis (Bau Mulut)

Bau mulut sering kali disebabkan oleh bakteri penghasil belerang yang biasanya hidup di permukaan lidah dan di tenggorokan. Selain itu, kondisi di bawah ini juga bisa jadi faktor penyebab terjadinya bau mulut :

  • Kondisi gigi dan mulut – adanya infeksi bakteri pada gigi atau buruknya kebersihan dan kesehatan gigi dan mulutmu
  • Mengidap kondisi dry mouth atau mulut kering – kondisi ini disebabkan karena obat-obatan tertentu, kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan stress.
  • Kebiasaan merokok – yang bikin mulutmu jadi gampang kekurangan oksigen.

Gimana Cara Mengatasi Halitosis?

Buat menghilangkan kondisi bau mulut, tentunya harus dilihat dulu apa penyabab dari munculnya bau mulut tersebut. Kalau kamu nggak mengalami infeksi gigi, mulut kering, atau kebiasaan merokok, maka kemungkinan bau mulut yang muncul karena bakteri penghasil belerang. Buat mengatasinya, kamu perlu rutin menyikat lidah atau menggunakan mouthwash.

Bau Mulut karena Adanya Infeksi Gigi

Faktor penyebab yang satu ini tentunya mengharuskan kamu untuk dateng ke dokter gigi untuk mengatasi masalah pada gigimu yang bermasalah. Infeksi pada gigi tersebut biasanya karena kondisi kebersihan gigi yang buruk, misalnya kamu nggak rajin menyikat gigi atau kamu nggak menyikat gigimu dengan bersih. Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi pun lama-kelamaan akan mengeras dan jadi sarang bagi bakteri penghasil asam yang akhirnya menyerang gigimu hingga rusak dan berlubang. Nah, buat mengatasi bau mulut karena infeksi gigi, kamu perlu melakukan perawatan seperti scalling, root canal, atau pencabutan gigi tergantung dari tingkat keparahan kondisi gigimu.

Ref.: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/halitosis-or-bad-breath