Cara Menyikat Gigi yang Benar

Sikat gigi adalah salah satu alat yang wajib dan penting banget buat dimiliki setiap orang yang hidup di bumi ini. Kita pastinya udah tau fungsi sikat gigi sebagai alat buat bersihin gigi kita dari sisa-sisa makakan. Bayangin kalau kita nggak pernah menyikat gigi kita, berbagai masalah pasti bakal muncul pada gigi dan mulut kita dalam rentang waktu yang singkat. Orang yang rutin sikat gigi aja masih mungkin banget buat punya masalah gigi apalagi orang yang jarang atau bahkan nggak pernah menyikat giginya? Nah, yang sering jadi pertanyaan nih, kenapa orang yang rutin menyikat gigi masih juga bisa kena masalah kerusakan gigi? Yuk, simak ulasan di bawah tentang menyikat gigi yang perlu kamu tahu dan juga gimana merawat sikat gigi yang benar.

  • Aturan Menyikat Gigi Selama 2 Menit

Kamu yang rutin sikat gigi masih aja punya masalah gigi? Sudah yakin belum kalau kamu menyikat gigi dengan benar? Karena asal menyikat gigi aja belum tentu bisa ngejamin gigimu udah bersih dari sisa-sisa makanan yang nyempil di sela-sela gigi. Makanya, ada aturan untuk menyikat gigimu selama 2 menit. Kamu nggak perlu menyikat gigi dengan terburu-buru atau asal berbusa. Kamu harus pastiin setiap gigi terjangkau sama sikat gigimu, makanya kamu perlu menyikat dengan pelan-pelan sampai kamu yakin semua gigi sudah tersikat dengan bersih.

  • Cara Menyikat Gigi yang Benar

Selain waktu yang dianjurin buat sikat gigimu selama 2 menit, cara kamu menyikat gigimu juga harus diperhatikan ya. Posisi sikat gigi yang benar adalah membentuk kemiringan 45˚ dan letakkan ujung atau sebagian bulu sikat pada permukaan gigi dekat gusi. Gerakkan sikat gigi dengan lembut dan tanpa perlu tekanan yang terlalu keras. Jangan lupa jangkau semua bagian pada gigimu mulai dari permukaan gigi depan, permukaan dalam gigi depan, dan seluruh permukaan gigi bungsu.

  • Jenis Sikat Gigi yang Dianjurkan

Pakailah sikat gigi yang bulu sikatnya lembut biar nggak gampang melukai gusimu. Terutama kalau kamu punya masalah gusi, pastinya kamu harus ekstra hati-hati buat milih sikat gigi. Selain sikat gigi biasa, sikat gigi elektronik juga boleh kamu pakai, bahkan dianjutkan buat anak kecil atau para lansia yang punya keterbatasan menggerakkan tangannya.

  • Merawat Sikat Gigi yang Benar

Setelah menyikat gigi, kamu harus membersihkan sikat gigimu untuk memastikan nggak ada sisa-sisa serpihan atau pasta gigi yang menempel di sikat gigi. Sikat gigi yang kamu pakai juga punya masanya untuk diganti. Misalnya karena bentukanya yang udah berubah atau juga karena alasan higienis. Baiknya, sikat gigi yang kamu pakai dapat diganti selama tiga bulan sekali. Kamu juga bisa memilih sikat gigi yang bahannya ramah lingkungan jadi nggak akan terlalu menyumbang sampah. Selain itu, sikat gigi elektronik juga perlu diganti dengan cara melepas kepala sikat gigi dan memasangnya dengan yang baru.

  • Jangan Menggunakan Sikat Gigi untuk Bersama

Sikat gigimu adalah milikmu seorang. Begitu juga sikat gigi orang lain yang miliki orang itu sendiri. Kamu nggak boleh berbagi sikat gigimu dengan orang lain, dan kamu pun nggak boleh pakai sikat gigi orang lain untuk menyikat gigimu. Kamu pastinya nggak mau kan berbagi mikroorganisme sama orang lain yang bisa jadi bawa masalah bersama nantinya.

Ref.: American Dental Association, online: https://www.ada.org/resources/research/science-and-research-institute/oral-health-topics/toothbrushes